Monday, February 22, 2010

KUMBANG-BLOG PUSAT INFORMASI SERANGGA BERBAHASA INDONESIA



Atas: Kumbang badak

Kumbang adalah salah satu binatang yang memiliki penampilan seperti kebanyakan spesies serangga. Ordo Coleoptera, yang berarti "sayap berlapis", dan berisi spesies yang sering dilukiskan di dalamnya dibanding dalam beberapa ordo lain dalam kerajaan binatang. Empat puluh persen dari seluruh spesies serangga adalah kumbang (sekitar 350,000 spesies), dan spesies baru masih sering ditemukan. Perkiraan memperkirkan total jumlah spesies, yang diuraikan dan tidak diuraikan, antara 5 dan 8 juta.
Kumbang dapat ditemukan hampir di semua habitat, namun tidak diketahui terjadi di lautan atau di daerah kutub. Interaksi mereka dengan ekosistem mereka dilakukan dengan berbagai cara. Mereka sering makan pada tumbuhan dan jamur, merusak pertahanan binatang dan tumbuhan, dan memangsan invertebrata lain. Beberapa spesies dimangsa berbagai binatang seperti burung dan mamalia. Jenis tertentu merupakan hama agrikultur, seperti Kumbang kentang Colorado Leptinotarsa decemlineata, Kumbang tanaman kapas Anthonomus grandis, kumbang tepung merah Tribolium castaneum, dan kumbang mungbean atau cowpea Callosobruchus maculatus, spesies kumbang lainnya adalah kotrol penting hama agrikultur. Seperti contoh, coccinellidae (ladybirds atau "kumbang tutul") yang mengkonsumsi aphid, hama pohon, thrips, dan serangga penghisap tanaman lainnya yang menyebabkan kerusakan panen tanaman.
Dari pengamatan lama, sekuruh jebis kumbang di Indonesia lebuh dari 100.000 diantara lebih dari 100 suku.
Kumbang adalah serangga kuat. Sayap depan kumbang dewasa diubah menjadi perisai tebal, yang pas dan rapi antara satu dan yang lainnya. Sayap tersebut menutup dan melindungi sayap belakang seperti selaput. Panjang tubuhnya sekitar 1 mm sampai 10 cm. Daur hidup sebagian besar kumbang meliputi tiga tahap larva dan satu tahap pupa.
Satwa kumbang di nusantara diwakili oleh sederet jenis kumbang berbeda ukuran dan warna. Kumbang dapat ditemukan dimana saja. Di Indonesia, sebagian besar kumbang menempati mikrohabitat hutan hujan. Sebaguan kecil terdapat di tempat lebih terbuka, seperti kebun, padang rumput, dan sawah. Beberapa jenis lain malah menyesuaikan diri di air tawar. Suku Kumbang dapat dibedakan dari jenis makanan mereka. Perbedaan suku ini juga menentukan mikrohabitat, tempat kediaman mereka.
KUMBANG BADAK RAKSASA

Kumbang ini sangat istimewa karena mempunyai ukuran raksasa dan merupakan jenis kumbang terbesar di dunia dengan panjang tubuh lebih dari 10 cm. Selain badannya yang hitam mengkilat dan kuat, sifatnya yang khas adalah mempunyai cula atau tanduk 3 buah memberi kesan seperti badak. Kumbang badak ini tersebar luas di Indonesia dan mampu hidup sampai ketinggian 1700 meter. Kumbang dewasa aktif pada malam hari dan tertarik sinar lampu. Di alam hidup sebagai pemakan pucuk (umbut) tumbuhan palem termasuk kelapa, aren, palem yang sedang melapuk atau sakit karena jenis serangga lainnya.

KUMBANG TANDUK

kumbang perusak tanaman, biasa menempel pada pucuk daun, menyerap cairan tanaman, merusak jaringan daun yang masih muda, dan makan empulur batang yang membusuk; Nama latin:Oryctes rhinoceros.
Kumbang lembing dikenali dari elitra yang berwarna kemerahan, oranye, atau kuning dengan totol hitam setangkup beragam. Banyak jenis kumbang lembing dewasa dan larva memangsa serangga pengganggu, seperti kutu putih dan lalat hijau.
Kumbang tanduk dapat dilihat dari bentuk antenanya yang panjang dan rahangnya yang berkembang baik. Mereka umumnya berukuran 5 sampai 40 milimeter. Banyak larva tumbuh pada kayu hidup atau matu dan sering merusak. Mereka menyerang pohon-pohon buah, coklat, cengkih, dahkan anggrek. Kumbang tanduk yang hidup di hutan bisa menyamar dan berubah warna saat mendatangi bunga. Bisa juga dengan menyerupai tawon bergaris kuning atau serangga lain. Larva kumbang tanduk yang lebih besar merupakan makanan lezat bagi penghuni hutan.

KUMBANG MACAN

Kumbang macan merupakan kumbang pemburu yang terkenal ganas di kalangan serangga lain. Ciri-cirinya bergigi bawah panjang dan besar, kaki panjang untuk lari, dan mata bulat. Ukurannya berkisar satu hingga dua sentimeter. Ketika berburu, kumbang macan berjalan di sepanjang daun di pohon dan semak hutan. Namun demikian, beberapa jenis kumbang macan sering menjadi hama karena larvanya merusak kopi, teh, dan coklat dengan cara melubangi cabang tanaman. Sehingga, kumbang macan lebih banyak memberikan kerugian daripada keuntungan.

KUMBANG BADAK
Kumbang badak temasuk kumbang scarab. Ia dikenal lewat antena yang berbentuk daun, tanduk, atau tonjolan di kepala. Kumbang ini memakan daun, sebagian lagi menyerang akar dan batang. Kumbang Badak juga merupakan kumbang yang berdampak negatif bagi tanaman.












Sumber:
-id.wikipedia.org
-iwandahnial.files.wordpress.com
-bathera.org
-thinknilna.multiply.com

No comments:

Post a Comment